Saya yang doyan banget makan daging merah, enggak pernah sekalipun coba menu vegetarian. Tapi, siapa sangka malah ketagihan?

Saya tahu Kedai Vege untuk pertama kalinya waktu buka di kantin kantor. Karena penasaran dan bosan makan itu-itu saja, akhirnya saya coba lihat menu Kedai Vege lebih dekat. Menunya mayoritas terbuat dari jamur dan sayuran lainnya. Saya sempat mengurungkan niat untuk membeli.

Baca Juga: Perang Lawan Zombie di Sandbox VR

Setelah bolak-balik lihat warung lain, saya luluh juga dan bertanya mana menu yang paling recommended. Kata si penjaga warung: drum stick dan tempe wijen. Akhirnya beli deh drum stick dua tangkai, tempe wijen, dan sayur capcay kuah. Oiya kamu juga bisa pilih, mau pakai nasi putih atau merah. Nah, biar sekalian sehat saya pakai nasi merah, meski memang sedikit lebih mahal. Kamu juga bisa minta nasi full atau setengah, sesuaikan saja dengan kapasitas perut.

Saya mengeluarkan uang sekitar IDR20ribu untuk menu ini. Yang paling mahal adalah drum stick-nya yaitu sekitar IDR8ribu per tangkai.

Percaya deh rasa makanan vegetarian di kedai ini enak sekali! Waktu cobain drum stick, saya pikir sedang makan daging ayam pada umumnya. Padahal berasal dari jamur dan pangan lainnya.  

Saya sempat tanya ke penjual, terbuat dari apa drum stick itu sampai bisa terasa seperti ayam.

Ternyata  dibuat dari campuran serat, protein kedelai, jamur tiram, tepung pati, gula, garam, dan bumbu khas mereka. Semakin lezat karena disajikan dengan cara dibakar.

Enggak cuma drum stick, tempe wijennya juga mantap. Walau cuma tempe, tapi rasanya beda dari yang lain. Cara masaknya sih digoreng, cuma bumbu yang melapisi si tempe ala Korea. Rasanya seperti waktu saya makan Kkuldak varian Honey and Garlic.

Besoknya saya penasaran dengan menu Kedai Vege yang lain dan coba makan lagi menu yang berbeda.

tempat makan vegetarian di Jakarta
Menu tumpeng di Kedai Vege (dok. Facebook Kedai Vege).

Menu hari itu pun berbeda. Ada rendang jamur, lumpia sayur, dendeng kaki jamur, dan beberapa jenis sayur. Kali ini saya coba pesan jamur goreng tiram, kentang kering, dan sapo tahu. Saya suka sekali jamur goreng tiramnya.

Kadang meski makanan utamanya bukan Kedai Vege, saya suka beli jamur goreng tiram ini untuk tambahan lauk atau sekadar sebagai camilan. Jamur goreng tiram ini sendiri berharga IDR 4ribu.

Di Mana Lokasinya?

Nah, buat kamu yang lagi coba gaya hidup vegan tapi bingung cari tempat makan vegetarian di Jakarta yang enak, bisa coba Kedai Vege. Kamu bisa temukan tempat makan ini di kantin Kompas Gramedia Palbar (kalau lagi iseng main ke daerah Jakarta Pusat).

Untungnya, Kedai Vege sudah ada di Go-Food jadi bisa kamu pesan online. Di Go-Food, menu Kedai Vege lebih beragam. Di sana ada nasi padang, bakmie, sampai makanan rumah lainnya, dan lagi-lagi bahannya semua dibuat untuk vegetarian.

Enggak cuma makan siang, tempat makan vegetarian di Jakarta ini juga menyajikan tumpeng khusus vegetarian. Pas banget buat acara-acara yang memang melibatkan vegan atau vegetarian.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *