Salah satu hal yang perlu kamu persiapkan sebelum pergi ke Labuan Bajo, Flores adalah memilih hotel. Tersedia ragam jenis hotel di Labuan Bajo. Mulai dari luxury hotel, guest house, resort, sampai dormitory room. Semuanya kembali lagi ke pilihan kamu. Kalau prioritas saya saat memilih hotel adalah jarak yang dekat ke kota, supaya enak jalan kemana-mana.

Perjalanan di Flores tentunya bermula di Komodo Labuan Bajo Airport. Jangan pikir jarak dari bandara ke kota jauh yah. Sebagian hotel bisa kamu tempuh hanya dengan jalan kaki. Lalu, bagaimana kalau jauh?

Baca Juga: Biaya Liburan dan Itinerary: Trip ke Labuan Bajo

Meski di sana tidak ada angkutan umum, setidaknya hampir semua hotel di Labuan Bajo menawarkan free shuttle bus. Kebetulan penginapan yang saya pilih ada, namanya Ciao Hostel. Jaraknya cukup dekat dengan bandara, cuma karena tidak tahu medan dan menawarkan mobil antar-jemput ya sudah digunakan saja fasilitasnya.

Ciao Hostel

Interior

Tempat tidur di Ciao Hostel bentuknya seperti asrama (dormitory room). Kamar di hostel ini terbagi menjadi asrama campuran (laki dan wanita bergabung) dan asrama khusus wanita. Saya memilih dua tempat tidur di asrama wanita. Cukup senang tidur di sini karena dapat pemandangan pantai.

hotel di labuan bajo
Tempat tidur di asrama wanita (dok. Booking.com).
hotel di labuan bajo
Kalau kamu ingin suasana beda, bisa coba tidur di asrama campuran karena kamarnya terbuka! Coba deh bayangin pagi-pagi bangun langsung lihat pemandangan laut. Waktu itu saya tidak memilih kamar ini karena takut kepanasan, soalnya cuma dibekali kipas dan kalau siang pasti panas banget. Tapi kalau malam dingin loh (dok. Booking.com).

Fasilitas

Di masing-masing tempat tidur tersedia stop kontak dan lampu baca. Kemudian ada juga loker khusus koper atau ransel. Lihat dari ukurannya cukuplah untuk menampung koper besar. Oiya, gembok gratis juga disediakan. Selain itu, kamu akan diberikan handuk bersih.

Loker dan stop kontak.

Kamar di asrama perempuan dingin (walau nggak ada AC) dan bisa menampung 8 orang. Bule-bule sih datang pas malam menjelang tidur jadi agak terganggu. Jangan heran kalau lebih banyak orang asing dibandingkan Indonesianya ya! Mungkin Flores lebih populer di negara orang.

Kamar mandi juga banyak dan yang paling penting bersih. Karena seperti asrama, toilet dan shower berada di luar kamar.

Toilet dan shower (dok. Booking.com).

Nggak ada TV? Tenang, banyak hiburan di Ciao Hostel!

Kebiasaan di Jakarta nonton TV atau main gadget sepertinya harus kamu tinggalkan sejenak selama di Labuan Bajo. Di Ciao Hostel, kamu bisa ke lantai 2 untuk makan di restoran sambil dimanjakan dengan pemandangan aduhai. Kalaupun nggak makan, kamu bisa ke lantai 3. Di sana banyak beanbag buat santai dan juga bar kalau mau pesan minum atau snack. Atau, sekadar duduk-duduk sambil menunggu sunset. Wah, pokoknya nikmati deh!

Pengen keliling Kota Labuan Bajo? Tenang, Ciao Hostel menyajikan free shuttle bus untuk jam-jam tertentu. Kamu akan diantar ke pasar ikan, Dermaga Putih, sampai bandara. Pastinya nanti dijemput lagi, tinggal janjian saja sama supir. Ciao Hostel juga menyajikan nobar (nonton bareng) setiap jam 9 malam! Jadi, sebelum kamu masuk ke kamar, kamu akan diminta vote film apa yang bakal diputar. Nah, ketika saya menginap saya memilih Dunkirk walau akhirnya nggak nonton sih hehe. Ngantuk.

Review Makanan

Karena di Ciao Hostel ada restoran dan bar, saya rasa nggak perlu lagi repot cari makan di luar. Memang sih harganya agak pricey, tapi enak banget di lidah. Menu di sini berkisar dari IDR20.000-IDR 80.000. Waktu itu saya sempat coba lasagna (saya pilih pork, tapi tenang saja ada kok lasagna ayam. Makanan halal lainnya juga ada!), nasi goreng (wajib coba), dan omelette

Jangan heran kalau menu yang disajikan hampir semuanya masakan Italia. Ternyata yang punya Ciao Hostel berasal dari negara tersebut. Makanan lokal ada, hanya saja sedikit.

Pesan di Booking.com

Saya pesan kamar melalui aplikasi Booking.com pada bulan Agustus 2018 dan dapat harga IDR200.000 per tempat tidur untuk satu malam. Nah, setelah memesan hotel jangan lupa untuk mengirim pesan pada properti. Tanya kapan kamu bisa dijemput di bandara. Waktu itu sih saya langsung telepon agar lebih jelas.

Pokoknya kalau ke Labuan Bajo, coba hotel yang satu ini! Sudah murah, banyak hiburan yang ditawarkan, fasilitas komplet, dan yang terpenting staff-nya ramah semua.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *